PELAKSANAAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI ACEH BARAT

TERJUN PAYUNG MERIAHKAN

PELAKSANAAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI ACEH BARAT   

 

Perayaan upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 tingkat Kabupaten Aceh Barat dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini dilakukan di Kecamatan Woyla yang berjarak sekitar empat puluh kilometer dari kota Meulaboh. Pemindahan lokasi dari rencana semula di lapangan Teuku Umar Meulaboh, ke lapangan perkasa Kuala Bheeu didasasi arahan Pangdam Iskandar Muda melalui Danrem 012/TU dan Dandim 0105 Aceh Barat yang menjadi kesepakatan pimpinan daerah Aceh barat untuk dilaksanakan di kecamatan tersebut. “salah satu pertimbangan, pada upacara adanya atraksi terjun payung oleh kesatuan Kostrad 330 Citalengka Jawa Barat untuk memeriahkan HUT RI” ungkap Dandim 0105 Denny Azhar yang didampingi Bupati Aceh Barat H. T. Alaidinsyah pada rabu (14/8)

Bupati menambahkan, pemindahan lokasi upacara itu memberikan satu nilai keadilan bagi masyarakat Aceh Barat diluar ibukota kabupaten agar merasakan meriahnya moment tahunan ini. “biarlah sekali-kali warga kecamatan merasakan meriahnya upacara seperti di kabupaten dan warga kota melihat langsung kondisi kecamatan” paparnya.

Amatan penulis, suasana di pada hari H sangat meriah, disepanjang jalan menuju lokasi berjejer bendera merah putih, disamping itu panitia juga telah merapikan berbagai hal seperti penimbunan lapangan dan jalan-jalan demi lancarnya transportasi kearah tersebut. Rangkaian upacara HUT RI di Aceh Barat dimulai dengan atraksi terjun payung oleh anggota kostrad 330 citalengka dengan jumlah personil sebanyak 100 orang yang mengambil lokasi penerjunan di gampong Lueng Tgk Yah, Teungkim Panyang dan gampong Lueng jawa. Masyarakat sekitar tampak antusias berkumpul dihamparan bekas sawah, dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi gampong mereka “kami sangat senang upacara dibuat digampong kami apalagi ada terjun payung” ungkap lela salah seorang warga sekitar.

Usai atraksi terjun payung, rombongan Bupati dan muspida beranjak ke lapangan perkasa sebagai titik upacara. Bupati Aceh Barat H. T. Alaidinsyah langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan diikuti peserta upacara diantaranya PNS, TNI/Polri, Ormas, Parpol, Tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa. Sementara itu pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang telah berlatih sebulan lebih tampak cekatan memadukan langkah dan mengerek bendera dengan sempurna. Pada upacara tersebut, ketua DPRK Aceh Barat Ishak Yusuf bertindak sebagai pembaca teks proklamasi dan pembacaan doa oleh kepala kemenag Drs. Arif Idris.

Kunjungan sosial juga mewarnai rangkaian acara hut RI, Rumah sakit Cut Nyak Dhien, Panti Asuhan Sici Hati, SOS desa taruna, dan Lembaga pemasyarakatan meulaboh menjadi tujuan para pimpinan daerah melakukan silaturahmi dengan menyerahkan bantuan kain sarung sebagai buah tangan dihari kemerdekaan tersebut. Pada moment penting ini, para narapidana yang ada di LP meulaboh tampak senang karena mendapat remisi atau potongan masa tahanan. Abdul wahid yang mewakili kepala LP meulaboh mengatakan, pada moment tujuhbelasan ini sebanyak 110 napi mendapatkan potongan masa tahanan dan dua diantaranya bebas bersubsider.

Disamping upacara di Kecamatan Woyla, dilapangan Teuku Umar yang menjadi lokasi tahunan peringatan HUT RI, juga dilakukan hal yang sama, yang pelaksananya dari Muspika dengan inspektur upacara Camat Johan Pahlawan Tjut Yanti Polem, SH.

Untuk memeriahkan agenda tahunan ini, Pemerintah setempat juga membuiat berbagai perlombaan rakya seperti panjat pinang dan tarik tambang yang diikuti oleh masyarakat. Rangkaian acara HUT RI di Kabupaten Aceh Barat ditutup dengan resepsi kenegaraan yang dikaukan malam harinya bertempat di halaman kantor Bupati dan piasan rakyat dilapangan Teuku Umar Meulaboh.(JP)

 


Tanggal pemutakhiran data : 21/08/2013 16:35

PERIHAL ACEH BARAT KEPEMERINTAHAN KEPENDUDUKAN BISNIS&INVESTASI LAINNYA

Perihal Kabupaten Aceh Barat
Lambang Daerah
Daftar Kecamatan
Visi dan Misi
 

Informasi Bupati Aceh Barat
Informasi Dinas/Badan
Qanun Tahun 2012
Pimpinan Daerah dari Masa ke Masa
Informasi Wakil Bupati Aceh Barat
Qanun Tahun 2013

Informasi Perizinan
Kesehatan
Pencatatan Sipil
Alamat Penting
Tabloid Gema Aceh Barat
Layanan Kepegawaian
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
 

Pertanian
Perikanan dan Kelautan
Pertambangan dan Energi
Perkebunan

 

Berita
Publikasi
Prestasi Daerah
Login Pengelola
Webmail