Perihal Kabupaten Aceh Barat

Dasar Hukum Pembentukan

         Undang-Undang Nomor 7 (drt) Tahun 1956 Tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten-Kabupaten dalam Lingkungan Propinsi Sumatera Utara, Wilayah Barat Aceh dimekarkan menjadi 2 Kabupaten yaitu: Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Selatan.

         Kabupaten Aceh Barat dengan Ibukotanya Meulaboh terdiri dari : 3 Wilayah yaitu Meulaboh, Calang dan Simeulue, dengan jumlah Kecamatan 19 Kecamatan.

         Pada Tahun 1996 Kabupaten Aceh Barat dimekarkan lagi menjadi  2 Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Administratif Simeulue dengan Ibukotanya Sinabang.

         Kemudian pada Tahun 2000, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5, Kabupaten Aceh Barat dimekarkan dengan menambah 6 Kecamatan baru. Dengan pemekaran ini Kabupaten Aceh Barat memiliki 20 Kecamatan, 7 Kelurahan serta 207 Desa.

         Setelah ditetapkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Jaya, Wilayah Kabupaten Aceh Barat dimekarkan menjadi 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya. Pasca pemekaran tersebut Wilayah Kabupaten Aceh Barat terdiri dari 12 Kecamatan,     32 Kemukiman dan 322 Gampong.


Tanggal pemutakhiran data : 27/06/2013 10:42

PERIHAL ACEH BARAT KEPEMERINTAHAN INFORMASI BISNIS&INVESTASI LAINNYA

Perihal Kabupaten Aceh Barat
Lambang Daerah
Daftar Kecamatan
Visi dan Misi
 

Informasi Bupati Aceh Barat
Informasi Dinas/Badan
Qanun Tahun 2012
Pimpinan Daerah dari Masa ke Masa
Informasi Wakil Bupati Aceh Barat
Qanun Tahun 2013

Informasi Perizinan
Kesehatan
Pencatatan Sipil
Alamat Penting
Tabloid Gema Aceh Barat
Layanan Kepegawaian
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah
 

Pertanian
Perikanan dan Kelautan
Pertambangan dan Energi
Perkebunan

 

Berita
Publikasi
Prestasi Daerah
Login Pengelola
Webmail